Jumat, 10 Desember 2010

Kejuaraan Pengetahuan

Kejuaraan kata ini berarti jenis pengukur kemampuan. Ujian berarti suatu proses untuk mendapatkan siapa yang menjadi juara. Kejuaraan Ujian berarti Proses siapa yang menjadi paling baik kemampuan ilmu pengetahuannya.
Penentuan siapa sang juara prosesnya tidak sederhanan. Ada berbagai pertimbangan dan kepentingan. Jalurnya bermacam-macam. Ada skor-skor yang ditentukan. Ada faktor-faktor yang dipertimbangkan. Ada tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
Jenis kejuaraan pendidikan tidak hanya satu. Setidaknya dua jenis kejuaraan yang menonjol pertama yaitu kejuaran yang bertitel Ujian Nasional dan kedua yang bertitel Olimpiade Sain. Ujian Nasional media massa mengangkat tokohnya adalah Mendiknas, sedangkan olimpiade sebagian media massa mengangkat seorang tokoh juga.
Jika kita berpikir hal ini seperti kejuaraan tinju, maka untuk ujian berlaku ungkapan: juara ujian nasional, juara olimpiade, juara cerdas cermat, juara kuis, juara kelas, juara kabupaten lomba mata pelajaran. Ungkapan ini disandang bagi yang memenangkan kejuaraan.
Pemenang ujian nasional dan olimpiade di puji sekolah dan Dinas Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional.
Mereka pemenang nanti dipakai oleh yang punya kepentingan. Baik kepentingan negatif maupun kepentingan positif.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar