Minggu, 13 Februari 2011

Juara Ujian secara Nasional

Juara kata ini berarti orang yang paling baik. Ujian berarti suatu proses untuk mendapatkan siapa yang menjadi juara. Juara Ujian berarti siapa yang menjadi paling baik kemampuan ilmu pengetahuannya pada suatu saat ada proses ujian.

Penentuan siapa sang juara prosesnya tidak sederhana. Ada berbagai pertimbangan dan kepentingan. Jalurnya bermacam-macam. Ada skor-skor yang ditentukan. Ada faktor-faktor yang dipertimbangkan. Ada tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

Proses ujian pada pendidikan tidak hanya satu. Setidaknya dua jenis kejuaraan yang menonjol pertama yaitu kejuaran yang bertitel Ujian Nasional dan kedua yang bertitel Olimpiade Sain. Ujian Nasional media massa mengangkat tokohnya adalah Mendiknas, sedangkan olimpiade sebagian media massa mengangkat seorang tokoh juga.

Jika kita berpikir kejuaraan di pendidikan seperti kejuaraan tinju, maka untuk ujian berlaku ungkapan: juara ujian nasional, juara olimpiade, juara cerdas cermat, juara kuis, juara kelas, juara kabupaten lomba mata pelajaran. Ungkapan ini disandang bagi yang memenangkan kejuaraan.

Pemenang ujian nasional dan olimpiade di puji sekolah dan Dinas Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional. Pemenang ujian semester pun demikian. Mendapat pujian dari Bapak atau Ibu Guru.

Mereka pemenang selain dipuji juga nanti dipakai oleh yang punya kepentingan. Baik kepentingan negatif maupun kepentingan positif.Nanti.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar